Bisakah Interaksi dan Media Desain Sebagai Proses Pengembangan Produk?

Seni
Typography

Berbagai strategi dan pendekatan dalam proses pendampingan terhadap kelompok usaha kecil (home industry) atau yang lebih akrap disebut industri kerajinan, juga yang lebih khusus dinamakan usaha yang meproduksi barang-barang kerajinan (Perajin). Kegiatan industri kecil yang identik dengan masyarakat pinggiran ini umumnya juga memberdayakan sumber daya manusia yang berada di daerah/lokal tersebut. Begitu pula sarana dan fasilitas yang dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran kegiatan yang dikembangkan umumnya masih termasuk sederhana.

Pada kegiatan masyarakat yang menggeluti bidang kerajinan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi sebagai sarana komunikasi seperti saat ini nampaknya telah mulai akrap dan dimanfaatkan sebagai sarana pendukung. Melalui komunikasi antar personal (perajin) dalam melakukan aktivitasnya-pun dengan istilah desain sudah tidak lagi merupakan istilah yang asing, walaupun dalam proses penciptaannya bagi perajin masih kurang menguasahi secara mendalam. Akan tetapi secara ferbal dan visual perajin dapat memahami makna substansi desain sebagai acuan dalam pembauatn produk.

Melalui strategi dan metode pendampingan terhadap kelompok usaha kecil/perajin dapat ditempuh dengan berbagai pilihan, karena pada dasarnya proses pendampingan sangat diperlukan potret daripada kondisi usaha kecil itu sendiri agar dapat menentukan metode yang tepat untuk mengatasi persoalan yang semestinya. Oleh karena persoalan setiap perajin mempunyai kemiripan yang dihadapi, sebagai contoh persoalan yang sering dihadapi perajin seperti; desain, pasar, SDM, bahan baku, promosi, harga, komunikasi, aturan, dst. Untuk mangatasi di antara sejumlah persoalan tersebut, akan dicoba dengan metode interaksi dan media desain serta melalui pendekatan sosial sebagai proses pengembangan produk.

Berdasarkan pengalaman kegiatan pendampingan pada perajin dalam bentuk pelatihan desain, pengembangan produk sekaligus teknik pengoperasian peralatan dan sosialisasi pemasaran system on line, persoalan yang muncul dan dominan selalu pada permasalahan penguasaan teknologi (komputer) masih sering terjadi pada perajin. Sebaliknya penguasaan kompetensi teknis tidak perlu diragukan, maka interaksi sosial dan media desain sangat penting dan diharapkan menjadi solusi dalam proses pengembangan produk yang diharapkan.

Materi lengkap dapat diunduh pada tautan berikut: Bisakah Interaksi dan Media Desain Sebagai Proses Pengembangan Produk - Ali Sulchan

Penulis:
Ali Sulchan (Widyaiswara P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS