Mahasiswa PGSD Universitas Langlangbuana Lakukan Bimtek Pembelajaran Tematik di PPPPTK Seni dan Budaya

P4TKSB
Typography
SEBANYAK 115 mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas  Langlangbuana Bandung melakukan kunjungan ke Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya pada Jumat, 9 Februari 2018. Agenda utama kunjungan ini dalam rangka kegiatan Bimbingan Teknis tentang Pembelajaran Tematik Terpadu dan Media Pembelajaran Kreatif.
Ketua Program Studi PGSD Universitas  Langlangbuana Fariz S Nurdin, S.Kom., M.Stat yang memimpin rombongan dalam sambutannya mengatakan, Bimtek dimaksudkan untuk memberikan bekal pemahaman kepada para mahasiswanya mengenai model pembelajaran tematik terpadu dan media pembelajaran kreatif. Bimtek ini sangat penting agar para mahasiswa calon guru ini nantinya memiliki kesiapan dalam melaksanakan tugas sebagai guru Sekolah Dasar.
Selaras dengan apa yang disampaikan Fariz, Kepala Seksi Program PPPPTK Seni dan Budaya Sigit Purnomo, M.Pd saat menerima rombongan menyampaikan dua hal pokok yang disajikan dalam Bimtek yakni  Pembelajaran Tematik Terpadu dan Media Pembelajaran Kreatif merupakan dua aspek penting yang menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran di kelas.
Pembelajaran tematik terpadu dijadikan sebagai pendekatan kurikulum 2013 SD/MI. Pembelajaran tematik terpadu digunakan dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.
Sementara terkait dengan Media Pembelajaran Kreatif, disampaikan bahwa media sangat penting dan ikut menentukan keberhasilan proses pembelajaran, karena media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa serta mempermudah siswa dalam menerima materi ajar. Disamping itu media yang tepat dan kreatif dapat menambah daya tarik pembelajaran yang dilaksanakan.
Kegiatan Bimtek dilaksanakan di Gedung Saraswati dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 15.00 WIB. Pembahasan tentang Pembelajaran Tematik Terpadu disampaikan oleh Drs. Taufik Ekoyanto yang dalam paparanya menjelaskan konsep dan strategi implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kelas.
Sedangkan materi Teknologi Media Pembelajaran Kreatif disajikan oleh Urip Wahyuno, M.Sn dan Eni Setiani, S.Pd, keduanya adalah Pengembang Teknologi Pembelajaran di PPPPTK Seni dan Budaya. Peserta dikenalkan beragam bentuk media baik yang bersifat konvensional maupun yang berbasis teknologi digital, peserta juga diajak terlibat dalam demo implementasi salah satu media berbasis digital. (Janu)
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS