APTPI DIY-Jateng Gelar Pelatihan Penyusunan Rancangan Media Pembelajaran

P4TKSB
Typography

ASOSIASI Pengembang Teknologi Pembelajaran Indonesia (APTPI) wilayah DIY-Jateng menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Rancangan Model Media Pembelajaran di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB) Yogyakarta pada Kamis, 15 Februari 2018.

Pelatihan yang dibuka Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PPPPTK SB Drs Rahayu Windarto MM itu, diikuti sekitar 120 peserta dengan menghadirkan tiga nara sumber, yakni, Kepala Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) Kemdikbud Yogyakarta Aristo Rahardi, Ariawan Agung Nugroho (Dosen UNY) dan Sunarto (PTP madya BPMRP).

Menurut Ketua APTPI DIY-Jateng Akhir Lusono, peserta pelatihan itu berasal dari PTP PPPPTK SB, PPPPTK BOE Malang, Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS), Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY, BPMRP Kemdikbud Yogyakarta, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Surakarta, LPMP Yogyakarta, LPMP Papua, LPMP lampung, serta Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dari DIY, Jateng dan Jatim serta MGMP Seni Budaya Prakarya MTs DIY.
Ditambahkan Akhir Lusono, pelatihan di antaranya betujuan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan merancang model media pembelajaran bagi para pemangku jabatan fungsional PTP, pendidik, tenaga kependidikan serta mahasiswa.
Sedangkan Aristo Rahardi dalam paparannya menilai, Media dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai guru ketiga saat ini, mengingat pengaruhnya lebih besar dari guru pertama (orang tua) dan guru kedua (guru di sekolah). Guru bukan lagi menjadi satu satunya sumber belajar utama.
Aristo juga menyatakan, pendidikan saat ini makin pelik sehingga tidak bisa digarap satu profesi saja, tetapi butuh sinergi antara pendidik, tenaga kependidikan, pakar IT dan lain-lain. Ada kesamaan tugas antara PTP, guru, Widyaiswara yaitu mengajar. Pengertian mengajar bukan lagi mentransfer ilmu, tetapi lebih kepada bagaimana membuat orang menjadi belajar. (Janu)

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS