Ditjen GTK Dorong Peningkatan Kompetensi Jurnalistik

P4TKSB
Typography

DIREKTORAT Jenderal Guru Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud) terus mendorong peningkatan kompetensi jurnalistik staf yang menangani publikasi di Unit Utama maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Salak The Heritage yang berlangsung dari tanggal 4 sampai dengan 6 Oktober 2018.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Unit Utama dan UPT di bawah naungan Ditjen GTK Kemdikbud itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Ditjen GTK Kemdikbud Dr. M.Q. Wisnu Aji, S.E., M.Ed. Dalam sambutannya Wisnu mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini salah satunya adalah mampu memberikan informasi atau tulisan yang berstruktur sehingga sesuai dengan nilai-nilai jurnalistik.
Bimtek Peningkatan Kompetensi Jurnalistik menghadirkan beberapa narasumber salah satunya Redaktur Opini Media Indonesia Eko Supriyanto dengan materi cara menulis opini. Eko memaparkan beberapa hal yang harus diketahui sebelum menulis opini salah satunya harus bisa melihat latar belakang keilmuan yang kita kuasai.
Menurutnya, dengan melihat apa passion kita terlebih dahulu, akan menjadikan sebuah jembatan untuk membuat tulisan dalam bentuk opini sebagai pemula. Pada akhir sesi peserta diminta membutat tulisan opini yang kemudian dipresentasikan.
Pada sesi kedua materi yang diberikan adalah penulisan feature dengan narasumber Redaktur Pelaksana Majalah Tempo Bagja Hidayat. Bagja mengatakan bahwa feature menceritakan sebuah peristiwa secara lebih mendalam.
Pada sesi terakhir diberikan materi Teknik Editing dan Praktik dibawakan ketua umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro), Bambang Trimansyah. Penulis dan editor buku yang akrab disapa Bambang Trim ini banyak memberikan rambu-rambu cara menulis yang benar berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS